Apa Itu Box Office, Blockbuster dan Mockbuster Pada Sebuah Film

Apa Itu Box Office, Blockbuster dan Mockbuster Pada Sebuah Film

Apa Itu Box Office, Blockbuster dan Mockbuster Pada Sebuah Film

Merupakan Istilah Pada Industri Perfilman

Box Office, Blockbuster dan Mockboster - Pernahkah sobat moviegoers mendengar istilah box office, blockbuster atau mockboster ?

Bagi sobat yang mengikuti perkembangan film, tentu tidak asing dengan istilah-istilah tersebut, sebab istilah-istilah tersebut merekat pada film dengan pencapaian atau keunikan tertentu.

Pengertian Box Office, Blockbuster dan Mockbuster Pada Film

Lantas apa maksud dari box office, blockbuster dan mockbuster pada sebuah film ? tak perlu berlama-lama, yuk simak penjelasanya berikut ini : 

Baca Juga : 5 Fakta Menarik Film Horor M3gan, Si Robot Pembunuh Berwujud Manusia

1. Box Office

Box Office

Box Office

Sebuah film yang mampu meraup keuntungan melebihi biaya produksi hanya dalam beberapa hari atau minggu perilisannya, maka film tersebut berpredikat box office.

Terdapat banyak film yang dalam beberapa hari atau minggu perilisannya mampu meraih pendapatan yang melebihi biaya produksinya, contoh film tersebut yaitu Aquaman (2018), Joker (2019), Avatar The Way Of Water (2022) hingga yang terbaru yaitu film horor M3gan (2023).

Pada waktu dulu, sebenarnya istilah box office digunakan untuk aktivitas mengedarkan box-box sebagai tempat donasi dari penonton saat pemutaran film. Dengan perkembangan zaman, istilah tersebut bergeser menjadi status kesuksesan bagi sebuah film.

2. Blockbuster

Film Blockbuster Zack Snyder Justice League

Film Blockbuster Zack Snyder Justice League

Dulu sebelum terjadi pergeseran arti pada beberapa istilah film, blockbuster disandang bagi film yang mampu mendapatkan keuntungan di atas $100. Jika dilihat dari pengertiannya dulu, memang hampir sama dengan box office.

Saat ini blockbuster lebih sering diartikan sebagai film dengan predikat biaya produksi yang besar dan dibintangi oleh banyak aktor atau aktris ternama. 

Jika melihat industri film pada zaman sekarang, film blockbuster dapat dicontohkan seperti film Zack Snyder Justice League, Avenger Endgame, The Expendable. Film-film tersebut dibintangi banyak artis ternama dengan biaya produksi film yang besar.

Sebuah film dengan predikat blockbuster belum tentu mendapat predikat box office, sebab bisa saja film tersebut mengalami kegagalan meskipun dibintangi banyak artis ternama.

Contoh film blockbuster yang gagal yaitu X-Men: Dark Phoenix (2019) yang rilis dengan rating 5,7 dari 10 pada situs imdb dan dikabarkan merugi sebesar 1,3 triliun (dikutip dari rukita). Selain itu ada film Justice League (2017) yang dibintangi banyak artis ternama namun juga mengalami kegagalan. 

3. Mockbuster

Film Mockbuster Atlantic Rim

Film Mockbuster Atlantic Rim 

Pernah nonton film Atlantic Rim (2013) ? Jika pernah tentu sobat tidak asing bukan dengan robot pemusnah kaiju yang mirip dengan film Pasific Rim yang rilis pada tahun yang sama. 

Serupa tapi tak sama, mockbuster merupakan sebutan bagi film yang meniru atau mirip dengan film yang telah rilis dan sukses sebelumnya.

Jika dilihat dari katanya, mockbuster terdiri dari kata "mock" yang artinya ejekan atau tiruan. Oleh karena itu istilah mockbuster dihadiahkan kepada film yang meniru film yang telah rilis sebelumnya.

Entah memang berniat untuk sekedar meniru atau bagaimana, tapi umumnya film mockbuster diproduksi dengan biaya yang tidak besar. Biasanya sangat jauh dari biaya produksi pada film yang ditiru.

Dengan biaya produksi yang tak begitu banyak membuat kualitas film juga tidak terlalu bagus, terlebih jika menggunakan efek CGI.

Penutup

Sebuah film yang dibintangi banyak artis ternama dengan biaya besar disebut blockbuster. Jika film tersebut sukses secara pendapatan dan berhasil melewati biaya produksi hanya dalam beberapa hari atau minggu, maka film tersebut pantas disebut film box office.

Sedangkan bagi film yang meniru film yang telah rilis dan sukses sebelumnya, maka film tersebut disebut dengan mockbuster.

Bagaimana sobat moviegoers, sekarang sudah tau ya apa itu box office, blockbuster dan mockbuster. Semoga dapat menambah informasi sobat dan sekian informasi yang dapat Semesta Sinema bagikan pada artikel kali ini. Terimakasih dan tunggu artikel selanjutnya yaaa.

Sumber Gambar : cover, box office, blockbuster, mockbuster

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Add Comment
comment url