5 Film Pemenang Oscar Terbanyak, Ada Yang Dibintangi Leonardo DiCaprio

5 Film Pemenang Oscar Terbanyak, Ada Yang Dibintangi Leonardo DiCaprio

5 Film Pemenang Oscar Terbanyak, Ada Yang Dibintangi Leonardo DiCaprio

Merupakan Penghargaan Tertinggi Di Industri Perfilman

Film Peraih Oscar Terbanyak - Academy Awards atau Oscar Awards adalah penghargaan tertinggi dalam industri film di dunia. Setiap tahunnya, ribuan film diproduksi dan diputar di seluruh dunia, namun hanya beberapa film yang mampu memenangkan penghargaan ini. Film-film yang memenangkan Oscar Awards umumnya merupakan film-film yang memiliki kualitas baik dalam segi cerita, akting, penyutradaraan, dan teknis lainnya. Pada artikel ini, Semesta Sinema akan membahas 5 film pemenang Oscar terbanyak sepanjang masa yang patut untuk ditonton dan diapresiasi kembali oleh penonton di seluruh dunia.


Baca Juga : Jordan Peele : Biografi, Karir Menarik dan 5 Film Terbaiknya

Apa Itu Academy Awards Atau Oscar Awards

Academy Awards, yang biasa disebut Oscar Awards, adalah sebuah ajang penghargaan bergengsi di bidang perfilman yang diadakan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) di Amerika Serikat. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas prestasi terbaik dalam industri film, baik di dalam maupun di luar Amerika Serikat.

Oscar Awards dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi di industri film dunia dan diakui sebagai standar tertinggi keunggulan dalam film. Kategori penghargaan meliputi film, sutradara, aktor dan aktris, serta berbagai kategori teknis lainnya.

Pertama kali diadakan pada tahun 1929, Oscar Awards kini menjadi salah satu ajang penghargaan yang paling dinanti dan bergengsi di seluruh dunia. Ajang ini meliputi berbagai kategori seperti Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Actress, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, dan masih banyak lagi.

Para pemenang Oscar Awards dipilih oleh para anggota AMPAS yang terdiri dari para profesional perfilman yang diundang untuk bergabung sebagai anggota. Saat ini, AMPAS memiliki sekitar 9.000 anggota yang terdiri dari aktor, sutradara, produser, penulis, dan berbagai macam profesi di industri perfilman.

Film-film yang memenangkan Oscar Awards biasanya dianggap sebagai film yang memiliki kualitas terbaik di bidang perfilman pada tahun tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang menunggu dan mengikuti ajang penghargaan ini setiap tahunnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pemahaman Terhadap Film Yang Ditonton

5 Film Pemenang Oscar Terbanyak Sepanjang Masa

1. Ben-Hur (1959)

Poster Ben-Hur (1959)

Poster Ben-Hur (1959)

Ben-Hur adalah film pemenang Oscar terbanyak sepanjang masa dengan total 11 penghargaan. Film ini disutradarai oleh William Wyler dan dibintangi oleh Charlton Heston. Ben-Hur meraih penghargaan utama seperti Best Picture, Best Director, Best Actor in a Leading Role, dan Best Actress in a Supporting Role.

Film Ben-Hur menceritakan tentang kisah seorang bangsawan Yahudi bernama Judah Ben-Hur yang dijebak dan dijual menjadi budak oleh sahabatnya sendiri, Messala. Ben-Hur kemudian dipaksa untuk bekerja sebagai buruh di galley kapal perang. Setelah melarikan diri dari perbudakan dan menjadi juara balap kereta kuda, Ben-Hur memulai misi untuk membalas dendam pada Messala.

2. Titanic (1997)

Poster Titanic (1997)

Poster Titanic (1997)

Film yang disutradarai oleh James Cameron ini meraih total 11 penghargaan pada Oscar Awards 1998. Titanic berhasil meraih penghargaan Best Picture, Best Director, dan Best Original Song. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet.

Film ini mengisahkan kisah cinta antara Jack Dawson (DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Winslet) yang terjadi selama pelayaran perdana kapal Titanic pada tahun 1912. Kapal Titanic adalah kapal pesiar mewah yang dianggap tidak dapat tenggelam, namun pada kenyataannya kapal tersebut tenggelam setelah menabrak gunung es di Samudera Atlantik Utara. Kisah cinta antara Jack dan Rose diwarnai dengan tragedi tenggelamnya kapal Titanic yang membuat banyak penonton terharu dan film ini menjadi salah satu film terpopuler sepanjang masa.

3. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

Poster The Lord of the Rings The Return of the King (2003)

Poster The Lord of the Rings The Return of the King (2003)

The Lord of the Rings: The Return of the King berhasil meraih total 11 penghargaan pada Oscar Awards 2004. Film yang disutradarai oleh Peter Jackson ini merupakan film ketiga dari seri The Lord of the Rings. The Return of the King berhasil meraih penghargaan utama seperti Best Picture, Best Director, dan Best Adapted Screenplay.

Film ini mengisahkan petualangan Frodo Baggins dan Samwise Gamgee yang berusaha untuk menghancurkan cincin kekuasaan yang jahat di gunung Doom. Selama perjalanan mereka, mereka berhadapan dengan berbagai macam rintangan dan musuh, termasuk Gollum, makhluk yang dulunya juga memiliki cincin tersebut.

Di sisi lain, Aragorn dan pasukannya berjuang melawan pasukan Sauron dalam Pertempuran Pelennor Fields. Perjalanan Frodo dan Samwise akhirnya berhasil, dan cincin tersebut dihancurkan di gunung Doom, sehingga Sauron dan kekuatannya hancur.

Baca Juga : Mengapa Genre Film Sci Fi Selalu Menjadi Favorit Penonton

4. West Side Story (1961)

Poster West Side Story (1961)

Poster West Side Story (1961)

West Side Story adalah film musikal yang disutradarai oleh Jerome Robbins dan Robert Wise. Film ini berhasil meraih total 10 penghargaan pada Oscar Awards 1962. West Side Story meraih penghargaan utama seperti Best Picture, Best Director, Best Supporting Actor, dan Best Supporting Actress.

"West Side Story" berkisah tentang perseteruan antara dua geng pemuda, yaitu Jets (sekelompok pemuda kulit putih) dan Sharks (sekelompok pemuda Puerto Riko) yang berlangsung di daerah West Side, Manhattan, New York City. Konflik ini semakin rumit ketika Tony, mantan pemimpin Jets jatuh cinta dengan Maria, adik dari pemimpin Sharks, Bernardo.

5. The English Patient (1996)

Poster The English Patient (1996)

Poster The English Patient (1996)

The English Patient berhasil meraih total 9 penghargaan pada Oscar Awards 1997. Film yang disutradarai oleh Anthony Minghella ini meraih penghargaan Best Picture, Best Director, dan Best Supporting Actress. Film ini dibintangi oleh Ralph Fiennes, Juliette Binoche, dan Kristin Scott Thomas.

Film ini didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Michael Ondaatje dan mengambil latar belakang Perang Dunia II.

Alur cerita film ini berpusat pada seorang pria yang terbakar parah (diperankan oleh Ralph Fiennes) yang ditemukan di sebuah pesawat terbang yang jatuh di Gurun Sahara. Dia kehilangan ingatannya dan hanya bisa diidentifikasi sebagai "pasien Inggris". Dia kemudian dirawat oleh seorang perawat Kanada bernama Hana (diperankan oleh Juliette Binoche) yang berusaha untuk memulihkan kesehatannya dan mengetahui identitas sebenarnya.

Sementara itu, cerita flashback mengungkapkan bahwa pasien Inggris sebenarnya adalah seorang pengintaian terkenal bernama Count Laszlo de Almásy, yang terlibat dalam cinta segitiga dengan seorang wanita Inggris bernama Katherine (diperankan oleh Kristin Scott Thomas) dan seorang arkeolog bernama Geoffrey Clifton (diperankan oleh Colin Firth). Ketika pasien Inggris akhirnya pulih, dia dihadapkan pada masa lalunya dan keputusan sulit tentang masa depannya.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Film Animasi Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Penutup

Film-film di atas merupakan film pemenang Oscar terbanyak sepanjang masa yang berhasil meraih penghargaan dalam kategori-kategori penting seperti Best Picture, Best Director, dan Best Actor/Actress. Penghargaan-penghargaan ini membuktikan bahwa film-film tersebut berhasil menyampaikan pesan yang kuat dan mampu menyentuh hati penonton serta dinilai sebagai karya yang luar biasa oleh para juri Oscar.

Sumber gambar : cover1, 2, 3, 4, 5

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Add Comment
comment url